Pediatrik Urologi

Pelayanan urologi anak (pediatri) mencakup berbagai penatalaksanaan kelainan-kelainan, seperti:

Hipospadia

hipospadia

hipospadia2

Hipospadia merupakan suatu kelainan pada saluran kemih atau uretra dan penis. Dalam kondisi normal, lubang untuk berkemih terletak di ujung penis, tetapi pada penderita hipospadia, lubang justru berada di bagian bawah penis. Hipospadia termasuk kelainan bawaan yang umumnya diderita sejak lahir. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada proses buang air kecil serta ereksi. Kelainan ini dapat menyebabkan masalah psikologis anak, terutama bila mereka mulai bersekolah dan berinteraksi dengan teman-temannya. Kondisi hipospadia yang dialami tiap penderita berbeda-beda. Tingkat keparahannya tergantung kepada lokasi lubang uretra pada penis. Pelayanan terkait Hipospadia meliputi berbagai teknik operasi uretroplasti dan rekonstruksi bentuk penis yang melengkung karena pertumbuhan jaringan yang tidak normal.

Epispadia

epispadiaEpispadia adalah suatu kelainan bawaan dimana lubang saluran kemih terdapat di bagian punggung atau sisi atas penis. Lubang saluran kemih tidak berbentuk tabung, tetapi terbuka sehingga membentuk saluran yang tidak sempurna. Pelayanan terkait Epispadia meliputi koreksi pembedahan , pembentukan saluran dan pengembalian lubang saluran kemih ke lokasi seharusnya.

Tumor Wilms

Tumor Wilms (disebut juga sebagai Nefroblastoma) adalah suatu keganasan ginjal yang ada pada bayi dan anak. Waktu puncak terjadinya tumor Wilms adalah sekitar usia 3 sampai 4 tahun dan jarang terjadi setelah usia 6 tahun. Tumor Wilms diyakini berkembang dari sel-sel ginjal yang belum matang. Pengobatan untuk tumor Wilms meliputi operasi pengangkatan jaringan ginjal (nefrektomi) yang dapat berupa nefrektomi radikal (tumor ginjal diangkat beserta keseluruhan ginjal), maupun nefrektomi parsial (hanya tumor saja yang diangkat, menyisakan bagian ginjal yang masih dapat berfungsi). Selain operasi, pengobatan tumor wilms dapat berupa kemoterapi dan terapi radiasi.

Buried Penis

penis kecil

Buried penis adalah suatu kelainan sejak lahir di mana penis, sebagian atau seluruhnya tersembunyi atau terbungkus dibawah permukaan kulit. Penyebab terjadinya buried penis bisa karena kongenital, yaitu perkembangan kulit penis yang kurang baik; dan karena didapat, seperti obesitas, lemak perut berlebih, atau trauma penis. Anak dengan buried penis mempunyai risiko masalah psikologis dan trauma sosial pada waktunya. Pembedahan selain mengobati, juga dapat menghilangkan kecemasan dan menembah kepercayaan diri anak dengan buried penis.

UDT

Undescended testis (UDT) atau cryptorchidism adalah kondisi medis yang ditandai dengan tidak adanya testis di dalam skrotum. UDT merupakan kelainan kongenital tersering yang ditemukan pada anak laki-laki. Normalnya, testis terbentuk pada rongga perut bayi dan turun ke dalam skrotum seiring dengan pertumbuhan bayi di dalam kandungan ibu. Pada bayi-bayi dengan UDT testis berjalan hanya setengah jalan melalui rongga perut pada saat persalinan. UDT dapat turun spontan ke skrotum dan yang tidak turun memerlukan bantuan tindakan medis. Penatalaksanaan terkait undescended testis meliputi penggunaan terapi hormonal dan pembedahan. Pada UDT dengan testis tidak teraba dapat dilakukan tindakan diagnostik laparoskopi untuk mencari testis pada rongga perut. Tindakan pembedahan diperlukan secepatnya untuk mencegah masalah kesuburan, masalah perkembangan testis di kemudian hari, dan keganasan.

Hidronefrosis Anak

Hidronefrosis merupakan pembengkakan atau penggembungan ginjal yang disebabkan oleh tersumbatnya aliran air kemih sehingga mengakibatkan tekanan balik terhadap ginjal. Normalnya urin mengalir dari ginjal dengan tekanan yang amat rendah. Bila alirannya tersumbat maka urin akan mengalir kembali ke dalam ginjal. Kondisi ini mengakibatkan ginjal menggembung dan menekan jaringan ginjal yang rapuh. Akibatnya, tekanan hidronefrosis yang terus menerus dan berat akan merusak jaringan ginjal sehingga secara perlahan fungsi ginjal akan berkurang. Gejala yang timbul tergantung pada penyebab penyumbatan, lokasi penyumbatan, dan lama waktu penyumbatan. Bila penyumbatan muncul dengan cepat biasanya akan mengakibatkan kolik renal, nyeri yang luar biasa antara tulang rusuk dan panggul, pada sisi ginjal yang terkena. Bila penyumbatan berkembang secara perlahan maka bisa saja tidak menunjukkan gejala atau nyeri tumpul di daerah antara tulang rusuk dan pinggul. Pada anak, hidronefrosis dapat terjadi akibat beberapa penyebab seperti vesicoureteral reflux (VUR), pelvioureteral junction obstruction (PUJO) , vesicoureteral junction obstruction (VUJO), posterior urethral valve (PUV), dan lain-lain. Terapi pembedahan dapat dilakukan untuk menghilangkan hidronefrosis dan juga untuk menangani kelainan yang menyebabkan hidronefrosis tersebut.

110 thoughts on “Pediatrik Urologi

  1. 1. Terimakasih atas pertanyaannya ibu santi di Pamulang…
    kami akan menjawab pertanyaan yang ibu tanyakan kepada kami,

    Pertanyaan : ” Anak saya sering bolak.balik buang air kecil dengan jarak 10-15 menit, wanita, 8.5 tahun, sy berdomisili di Pamulang. Sudah 2 kali sy bawa ke Sp Anak, namun belum normal juga. Mohon informasi dokter spesialis urologi yg bisa menangani anak disekitar tempat sy dimana ya?”

    jawaban :
    “Terkadang kita sebagai orang tua sangat khawatir sekali pada kondisi anak kita, ketika keadaan kesehatannya sedikit mengalami kendala, apalagi mengenai buang air kecil, silahkan ibu santi, membawa putrinya untuk berkonsultasi ke dr. spesialis urologi yang berada di rumah sakit terdekat. setelah berkonsultasi, ibu dan putri ibu bisa mengecek catatan harian perkemih, USG dan uroflowmetri. Hasil dari peperikasaan tersebut dapat digunakan untuk menentukan tindakan selanjutnya”.

    terimakasih atas pertanyaannya ya ibu santi, semoga jawaban yang kami sampaikan bisa membantu permasalahan yang ibu santi dan putrinya alami.

    .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::.

  2. 2. Terimaksih kepada bapak/ ibu atas pertanyaannya
    Kami akan menjawab pertanyaan yang Bapak/Ibu tanyakan kepada kami

    Pertanyaan :
    ” saya mau konsultasi masalah webbed penis pada anak.. apakah disini tempat yang tepat bagi saya untuk konsultasi sekaligus pelaksanaan pengobatan (operasi).
    dokter siapakah yang paling cocok untuk masalah webbed penis di RSCM ini.. terimakasih”

    Jawaban :

    Salam Pak/Bu,
    Ya, webbed penis merupakan salah satu kelainan bawaan yg cukup sering ditangani di RS kami. Kelainan ini ditangani oleh tim dari divisi Urologi Pediatrik, dr. Arry Rodjani SpU(K) dan DR. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K). Jadwal praktek poli urologi rscm maupun rscm kencana dapat dilihat pada laman ‘Jadwal Praktek’

    Terima kasih atas pertanyaannya bapak/ibu semoga jawaban yang kami sampaikan bisa menjadi solusi dari apa yang bapak/ ibu tanyakan.

  3. Selamat siang bpk/ibu
    Saya mempunyai anak laki laki umur 8 tahun , pada waktu lahir megalami kondisi extrophy bladder dan sdh di operasi di dr sutomo surabaya umur 1 bulan, sekarang kondisinya epispadia dan burried penis,

    Saya berdomisili batam kepualauan riau
    Mhn saran dan tanggapan, saya bisa mengirimkan foto kondisi terakhirnya

    Demikian terimakasih mhn sarannya

    1. Selamat Siang, terima kasih atas pertanyaan Bapak/ Ibu

      Terkait kondisi putra bapak/ ibu dengan kondisi extrophy bladder pasca operasi, kami sarankan bapak/ ibu untuk berkonsultasi langsung dengan Dr. Arry Rodjani, SpU-K atau DR. Dr. Irfan Wahyudi, SpU-K dari divisi “Pediatric & Recontruction” Departemen Urologi RSCM. Khusus kasus anak dan rekonstruksi, kami sangat menyarankan kesediaan baoak/ibu untuk turut membawa putra bapak/ ibu saat berkosnultasi.

      dan untuk jadwal kontrol pasien anak untuk pediatric di Poli Urologi umum itu setiap hari kamis. sedangkan untuk jadwal di RSCM Kencana nya untuk :

      Dr. Arry Rodjani, SpU-K : Selasa, Rabu, Kamis (Dengan Perjanjian)
      DR. Dr. Irfan Wahyudi, SpU-K : Senin, Kamis, Jumat (Dengan Perjanjian)

      Informasi Lebih lanjut silahkan hubungi Call Center RSCM di 1500135
      atau silahkan lihat kontak di website kami, http://www.urologi-rscmfkui.com.

  4. Kepada Yth,

    Saya mau menanyakan kondisi anak perempuan saya (13) yang kadang kadang mengompol pada waktu malam.

    Hal ini terjadi sejak dia mengalami bladder infection sekitar 5 tahun yang lalu. Sudah pernah diperiksa ke dokter, dan menurut dokter perlu dikontrol supaya tidak minum terlalu banyak waktu malamnya. Memang setiap kali minum sebelum tidur dia hampir pasti mengompol. Apa tindakan yang harus dilakukan dan untuk anak saya.

    Terima kasih atas bantuannya

    1. Selamat pagi, terima kasih atas pertanyaan Bapak/ Ibu,…

      Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi proses terjadinya mengompol, yang harus Ibu/ Bapak lakukan untuk mencari penyebab dalam kasus anak Ibu/ Bapak yaitu :

      – Perlu dilakukan pemeriksaan apakah mengompolnya saat tidur atau bangun.
      – Seberapa sering berkemih (kencing) dalam 1 minggu atau sebulan.
      – Pola berkemih dan BAB juga perlu diperhatikan.
      – Serta Kebersihan air untuk membasuh/ membersihkan toilet.
      – Untuk pemeriksaan lebih lanjut bisa dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan urin.

      Dari hasil pemeriksaan diatas barulah dapat digunakan sebagai dasar untuk mencari penyebab mengompol dan cara penanganannya.

      untuk informasi lebih lanjut silahkan Bapak/ Ibu berkonsultasi ke dokter.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban ini bisa membantu menyelesaikan permasalahan Bapak/ Ibu.

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::.

  5. Menurut seorang pediatric urolog anak saya (umur 5) buried penis jadi perlu sunat rekonstruksi. Yg saya mau tanyakan:
    1. Apakah ini harus dilakukakan dan kalau
    Tidak dilakukan apa efeknya?
    2. Berapa estimasi biaya tindakan tsb?

    Terima kasih

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Terkait dengan pertanyaan Bapak/ Ibu layangkan, kalo memamg ada indikasi medis untuk operasi seperti ada gangguan berkemih, atau karena ingin menjalankan sirkumsisi, memang sebaiknya operasinya jangan hanya sirkumsisi biasa, karena akan menyebabkan penis anak semakin tenggelam atau tidak nampak. Sebaiknya melakukan operasi rekonstruksi, dengan operasi rekonstruksi akan menyebabkan exposure penis, karena bagian yang menarik penis kedalam itu akan dibebaskan.

      Sedangkan untuk pertanyaan masalah pembiayaan tindakan sirkumsisi dan operasi rekonstruksi nya itu sekitar 10-27 juta rupiah.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  6. Anak saya umur 9 thn,sejak lahir sdh diinformasikan kalau penis nya tenggelam(burried penis’kalau ke rs,saya harus ke dokter spesialis apa ya,krn dia sdh ingin sekali disunat,terima kasih

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Untuk pertanyaan Bapak/ Ibu tanyakan, kalo sudah di informasikan bahwa penis anak Bapak/ Ibu Burried Penis, sebaiknya dibawa / konsultasi ke dokter urologi khususnya spesialis urologi anak/ pediatrik. Dan untuk teknik sirkumsisinya diperlukan prosedur rekonstruksi yang khusus.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  7. Yth

    Anak saya berumur 8 bulan, dan setelah diobservasi mengidap hipospadia. Saya ingin menanyakan
    1. berapa biaya all in yang diperlukan untuk operasi jika dilakukan di RSCM dengan kelas I ataupun VIP?
    2. waktu ideal untuk dioperasi di kisaran umur berapa?

    Terima kasih

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      1. Untuk biaya all in selain dari biaya operasi juga tergantung dari berapa lama rawat inap selama di rumah sakit dan penggunaan obat-obatan selama rawat inap dan untuk lebih jelasnya silahkan hubungi Call Center RSCM di 1500135.
      2. Sejauh ini belum ada studi yang mensupport waktu ideal untuk operasi hipospadia. Namun, disarankan setelah usia 6 bulan (dengan pertimbangan agar penis tumbuh membesar dalam 6 bulan pertama) sampai sebelum anak masuk sekolah (dengan pertimbangan efek negatif psikososial yang bisa muncul saat anak sudah masuk sekolah).

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  8. Saya mau menanyakan apakah anak dengan kasus buried penis bisa ditangani di klinik sunat atau harus di rumah sakit? Terima kasih

    1. elamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Kasus buried penis merupakan kasus yang memerlukan tata laksana operasi rekonstruksi penis karena apabila dilakukan dengan teknik sirkumsisi/sunat biasa berpotensi menimbulkan komplikasi, seperti trapped penis (penis terbenam dengan jaringan parut disekitarnya). Hal ini bisa mengganggu psikososial, fungsi berkemih, higienis, serta kosmetik dari penis itu sendiri

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

    2. mbak rika…gimana perkembangan anaknya? anak saya umur 2 tahun dan juga mengalami burried penis.saya masih bngung apa hrus di operasi di umur sekecil itu?

      1. Selamat siang, …
        Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..
        untuk pertanyaan ibu, baiknya coba silahkan kontrol ke RSCM untuk dilihat kondisinya dan untuk berkonsultasi kedokter spesialisnya.

        Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
        Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

        Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

        .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  9. Anak saya umur 5 bulan, testisnya belum turun yg sebelah kanan, yg kiri sudah di usia 3 bln. Jarak prescortal yg testis sebelah kanan (blm turun) 2cm. Menurut dr endokrin saya perlu di operasi untuk penurunanya dan di sarankan sebelum usia 9 bln sudah di lakukan tindakan penurunan.
    Pertanyaannya :
    1. Bagaimana kondisi pasca operasinya ya? Sedangkan usia segitu sedang sering”nya memasukan kaki ke dalam mulut, dan saya liat operasi orchidopexy di lakukan di dekat pangkal paha?
    2. Berapa lama recovery nya untuk bayi seumuran ini?
    3. Akan ada efek ke tumbuh kembangnya?
    4. Berapa estimasi biayanya?
    5. Apakah memungkinkan bisa turun sendiri tanpa operasi?

    Terima kasih

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      1. Operasi menurunkan testis untuk ditanam di skrotum (orkidopeksi) dilakukan dengan insisi/menyayat dengan luka kecil di area atas lipatan paha dan luka kecil di skrotum. Kondisi pasca operasi cukup baik dan aman untuk aktivitas sehari-hari bila tidak ada komplikasi yang berarti saat operasi
      2. Untuk recovery pasca operasi biasanya hari pertama atau kedua pasca operasi pasien sudah boleh pulang dari rawat inap bila operasinya berjalan lancar
      3. Bila kasus testis tidak turun (undescended testis) tidak dioperasi untuk diturunkan setelah usia 1 tahun maka dapat menyebabkan potensi beberapa gangguan, seperti turunnya tingkat kesuburan (kemandulan), dapat menjadi tumor, risiko hernia, dan nilai kosmetik dari alat kelamin pria (khususnya area skrotum)
      4. Untuk estimasi biaya selain dari biaya operasi juga tergantung dari berapa lama rawat inap selama di rumah sakit dan penggunaan obat-obatan selama rawat inap
      5. Bila setelah usia 6 bulan testis masih tidak turun ke skrotum, kecil kemungkinan testis dapat turun. Idealnya waktu optimal untuk operasi orkidopeksi dilakukan saat usia 6 bulan sampai batas maksimal usia 1 tahun dengan pertimbangan bila tidak dilakukan operasi penurunan testis setelah usia 1 tahun maka dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping seperti yang sudah dijelaskan di point nomor 3

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

    1. elamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Penatalaksanaan hidronefrosis pada anak sangat tergantung dari banyak faktor, misalnya usia anak, keluhan, fungsi ginjal, dan juga dari pemeriksaan-pemeriksaan penunjang lainnya. Baiknya Ibu dapat berkonsultasi ke Spesialis Urologi Sub Pediatrik di RSCM. Adapun Staf Urologi Sub Pediatrik RSCM adalah dr. Arry Rodjani, SpU(K) dan DR. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K)

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  10. Selamat malam..
    Anak saya (4y2m) memiliki diagnosa UDT
    1.Apakah operasi jalan satu2 nya untuk penyembuhan?
    2. Dokter siapakah yang harus saya temui untuk konsultasi?
    3.Berapa lama recovery pasca operasi?
    4.Karena saya berada di luar jakarta,bisakah menggunakan BPJS untuk tindakan ini?

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      1. Pada prinsipnya UDT harus ditatalaksana dengan menurunkan testisnya ke kantung skrotum. Namun penatalaksanaan spesifik UDT tergantung beberapa hal misalnya lokasi testis dan usia pasien
      2. Untuk kasus Pediatrik Urologi, dapat konsultasi ke Ahli Pediatrik Urologi kami, yakni dr. Arry Rodjani, SpU(K) dan DR. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K)
      3. Pasca operasi penurunan testis, misalnya operasi orkidopeksi, cukup 1 hari perawatan pasca operasi. Setelah itu pasien dapat rawat jalan
      4. Tindakan operasi penurunan testis seperti orkidopeksi bisa dicover dengan BPJS

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Staf Urologi Sub Pediatrik RSCM adalah dr. Arry Rodjani, SpU(K) dan DR. dr. Irfan Wahyudi, SpU(K)

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  11. Selamat siang, anak sya berumur 7,5 tahun. Lahir prematur 8bln dgn berat 1,6 kg. Kondisi penisnya sdh terbuka waktu lahir. Sekarang penisnya bengkok, tapi lubangnya ada di ujung penis, tapi ada 2 lubang. Bagian bawahnya kayak bergelambir begitu. Kata dokter anak sya menderita hipospadia dan cordee, shga harus dioperasi 2 tahap. Tapi pas sya baca2 diinternet, hipospadia itu terkait dgn posisi lubang yg TDK diujung. Pertanyaan sya apakah operasi memang sangat diperlukan? Apakah operasinya hanya untuk meluruskan penis ataukan sampai membuat lubang/saluran baru itu ya?

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      Hipospadia adalah kondisi dimana lubang uretra (lubang kencing) tidak terletak di ujung glans penis (lubang terletak di sisi bawah penis dan lokasinya lebih mendekati ke skrotum) yang biasanya disertai kordee (penis tidak lurus). Operasi dibutuhkan untuk rekonstruksi uretra supaya lokasi lubang uretra ada di ujung glans penis dengan penis yang lurus. Namun operasi ini tergantung dari klinis/kondisi hipospadia pasien. Bisa 1 tahap atau 2 tahap. Bila terjadi kejadi seperti fistula (lubang uretra sudah dibuat di ujung glans penis, namun terjadi lubang baru pada lokasi yang lain) mungkin dibutuhkan operasi lanjutan lagi.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      untuk permasalahan anak ibu/ bapak yang berumur 2 tahun dan menderita burried penis, sebaiknya coba kontrol terlebih dahulu ke RSCM untuk melihat kondisinya terlebih dahulu.
      karena harus di observasi terlebih dahulu burried penis dari anak ibu/ bapak, apakah bisa di lakukan operasi atau tidaknya.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  12. Selamat siang, saya ingin menanyakan kondisi anak saya yg masih berumur satu minggu. Kulit penisnya menempel pada kulit skrotum sehingga penis selalu menghadap ke bawah, klo kencing bisa memancar ke depan dan lubang kencing ada di ujung penis. Ukuran penis lebih pendek dan kecil dari normal. Penis seperti sudah disunat. Sebenarnya apakah yg diderita bayi saya, mohon sarannya apakah pengobatan cukup dengan sunat atau harus operasi. Dan berapa kira2 biayanya.. trmksh

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..
      Bila melihat penjelasannya kemungkinan kondisinya dinamakan dengan Chordee tanpa hipospadia. Baiknya silahkan ibu/ bapak membawa anaknya untuk kontrol ke RSCM untuk dilihat langsung kondisinya.

      dan untuk masalah biaya operasi dapat ditanyakan langsung ketika kontrol ke RSCM.

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  13. Salam. Dok mau tanya, anak saya di dx buried penis. Apakah operasi rekonstruksi untuk buried penis di cover oleh BPJS? Terimakasih

    1. Selamat siang, …
      Terima kasih atas pertanyaan Ibu/ Bapak..

      untuk operasi rekonstruksi burried penis di cover oleh BPJS di RSCM

      Terima kasih atas pertanyaannya, semoga jawaban kami bisa memberikan solusi bagi Ibu/ Bapak.
      Selamat siang, selamat beraktivitas kembali.

      Jangan lupa untuk terus baca artikel-artikel terbaru dari kami Departemen Urologi RSCM-FKUI ya.. 🙂

      .:: Adm. Departemen Urologi RSCM-FKUI ::..

  14. Selamat Malam..
    Saya ingin konsultasi mengenai anak saya umur 9th. Dia baru saja disunat.dan saya baru mengetahui bahwa lubang kemihnya tidak tegak tapi agak miring ke kanan..saya browsing sepertinya Penile Torsion. Memang belum mencapai 90 derajat. Kira2 apa yang harus saya lakukan ya? Terimakasih untuk jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *