Androurologi

Kesehatan reproduksi pria adalah bidang yang menarik dan sedang berkembang belakangan ini. Secara klinis, terdapat desakan kebutuhan akan dokter spesialis urologi yang secara khusus mendalami tentang infertilitas pada pria dan kesehatan seksual (reproduksi). Andrologi merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang pria atau laki-laki dalam konteks kesehatan seksual. Tim andrologi di RSCM merupakan kerjasama lintas bidang secara multidisiplin antara bagian Urologi dan bagian kandungan & kebidanan (obstetri dan ginekologi) divisi fetomaternal.

Pelayanan andrologi yang merupakan unggulan dari Urologi RSCM adalah infertilitas pria, preservasi infertilitas, endokrinologi reproduksi pria, disfungsi ereksi yang secara khusus dapat memberikan tatalaksana terbaik kepada pasien pria, baik secara terapi medikamentosa maupun operasi, dengan teknik minimal invasif. Sebagai contoh, pengambilan sampel sperma dari pasien jika dicurigai terdapat permasalahan dari saluran reproduksi pria maupun “pabrik” nya (testis).

Beberapa contoh tindakan andrologi-urologi seperti percutaneous epididymial sperm aspiration (PESA), testicular sperm extraction (TESE), microscopic epididymal sperm aspiration (MESA), dan testicular sperm aspiration (TESA). Keempat prosedur ini dapat dilakukan secara kombinasi maupun sekali tindakan, tergantung pada tujuan dan kebutuhan tindakan, seperti analisa sperma, dan inseminasi bayi tabung (in vivo dan in vitro).

tesatese

Gambar 1. Ilustrasi prosedur PESA, TESA, MESA atau TESE